Peran Guru Sebagai Pengajar dan Pembimbing

Guru dewasa ini berkembang sesuai dengan fungsinya, membina untuk mencapai tujuan pendidikan. Lebih-lebih dalam sistem sekolah sekarang ini, masalah pengetahuan, kecakapan, dan keterampilan tenaga pengajar perlu mendapat perhatian yang serius. Bagaimanapun baiknya kurikulum, administrasi, dan fasilitas perlengkapan, kalau tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas guru-gurunya tidak akan membawa hasil yang diharapkan. Oleh karena itu, peningkatan mutu tenaga-tenaga pengajar untuk membina tenaga-tenaga guru yang profesional adalah unsur yang penting bagi pembaruan dunia pendidikan.

Guru sebagai pengajar
Salah satu tugas yang harus dilaksanakan oleh guru di sekolah adalah memberikan pelayanan kepada para siswa agar mereka menjadi siswa atau anak didik yang selaras dengan tujuan sekolah. Melalui bidang pendidikan, guru mempengaruhi aspek kehidupan, baik sosial, budaya maupun ekonomi. Dalam keseluruhan proses pendidikan, guru merupakan faktor utama yang bertugas sebagai pendidik. Guru memegang berbagai jenis peranan yang mau tidak mau harus dilaksanakannya sebagai guru.
Yang dimaksud sebagai peran adalah pola tingkah laku tertentu yang merupakan ciri khas semua petugas dari pekerjaan atau jabatan tertentu. Guru harus bertanggungjawab atas hasil kegiatan belajar anak melalui interaksi belajar mengajar. Guru merupakan faktor yang mempengaruhi berhasil tidaknya proses belajar mengajar, dan karenanya guru harus menguasai prinsip-prinsip belajar disamping menguasai materi yang akan diajarkan. Dengan kata lain : guru harus mampu menciptakan situasi kondisi belajar yang sebaik-baiknya.

Guru sebagai pembimbing
Bimbingan adalah proses pemberian bantuan terhadap individu untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimum terhadap sekolah, keluarga serta masyarakat.
Dalam keseluruhan proses pendidikan guru merupakan faktor utama. Dalam tugasnya sebagai pendidik, guru memegang berbagai jenis peran yang mau tidak mau harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Setiap jabatan atau tugas tertentu akan menuntut pola tingkah laku tertentu pula. Sehubungan dengan peranannya sebagai pembimbing, seorang guru harus :

  • Mengumpulkan data tentang siswa
  • Mengamati tingkah laku siswa dalam situasi sehari-hari
  • Mengenal para siswa yang memerlukan bantuan khusus
  • Mengadakan pertemuan atau hubungan dengan orangtua siswa baik secara individu maupun secara kelompok untuk memperoleh saling pengertian tentang pendidikan anak
  • Bekerja sama dengan masyarakat dan lembaga lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa
  • Membuat catatan pribadi siswa serta menyiapkannya dengan baik
  • Menyelenggarakan bimbingan kelompok atau individu
  • Bekerja sama dengan petugas bimbingan lainnya untuk membantu memecahkan masalah siswa
  • Menyusun program bimbingan sekolah bersama-sama dengan petugas bimbingan lainnya
  • Meneliti kemajuan siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Berdasarkan uraian di atas maka jelaslah bahwa peran guru baik sebagai pengajar maupun sebagai pembimbing pada hakekatnya saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, kedua peran tersebut harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan sekaligus merupakan keterpaduan.
Buku : psikologi belajar dan mengajar

About these ads

Perihal herman
born and grow up in makassar. then continue studied in IPB Bogor, graduated in 1997

6 Responses to Peran Guru Sebagai Pengajar dan Pembimbing

  1. Bintang mengatakan:

    Assalamu’alaikum.terimakasih atas ilmunya.tapi tolong lebih diperdetail lagi,karena saya masih calon guru.

  2. dinda mengatakan:

    saya mau nanya dong, bagaimana peran guru sebagai pengajar terkait dengan pendidikan, linkungan,sosial,budaya ,dan teknologi ??

    tlg dijawab yah..soalnya aQ ada tugas nhe..buat Lusa tgsna…jadi besok udh hrs dibls yh…tnks..

    Peran guru sebagai pengajar jelas sebagai fasilitator bagi siswanya dalam menerima materi yang disampaikan, akan tetapi bukan hanya sekedar pengajar tapi juga sebagai pendidik. Nah, ini yang saat ini terasa hambar, paradigma guru juga masih terkungkung oleh pandangan yang keliru. kita melihat banyak guru (pns/swasta) hanya terlibat aktif pada perannya sebagai pengajar, sekedar menuntaskan tugas kemudian selesai. jika hal ini terus tumbuh dan tidak disadari, maka siswa2 ke depannya akan menjadi siswa yang hambar tanpa sentuhan nilai kehidupan. jadi dalam hal ini peran guru sebagi pendidik sekaligus sebagai pengajar harus tetap terjaga. sehingga kelak tidak akan lahir manusia2 yg pinter akalnya tapi juga pinter budinya. dengan lingkungan, sebagai seorang guru hendaknya tetap merefleksikan materi-materi pembelajaran yang terkait dengan kondisi lingkungan (ril terjadi dalam kehidupan, atau tingkat keterpakaian ilmu tersebut dalam dunia kerja, dst). guru harus proaktif dalam meningkatkan keilmuannya, baik melalui pelatihan, kursus, atau terus mengupgrade diri dengan banyak membaca, memanfaatkan teknologi pembelajaran dalam implementasi belajar di kelas. sehingga pada akhirnya guru tidak akan tertinggal dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. atau jangan2 malah ditingglkan oleh teknologi, dan kemudian menjadi orang2 yang tertinggal jauh oleh siswa/inya. menjadi manusia pembelajar hendaknya ditanamkan dan paradigma belajar harus sudah berubah. bahwa belajar tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, tetapi bisa dimana saja selama masih dalam koridor pembelajaran yang sebenarnya. banyak sekali media yg bisa diintegrasikan agar belajar tidak lagi menjadi monoton dan kaku, akan tetapi lebih interaktif dengan suasana yang lebih menyegarkan.
    semoga bermanfaat dan memberikan wawasan baru dalam menyikapi sikap dan perilaku seorang guru dalam perannya sebagai pengajar sekaligus sebagai pendidik. dua hal yang tidak terpisahkan. semoga memberikan inspirasi dalam pembuatan tugasnya. karena belajar tidak pernah berhenti…terus dan terus

  3. Yeni Arini mengatakan:

    Assalamuallaikum

    tolong ksh tau ttg bgmna jd guru yg baik cz sy msh smstr 3 n akan jd guru dkmudian hari
    thanks

  4. mia mengatakan:

    bisa ditambahkan referensi yang lebih lengkap? (daftar pustaka). trms..nice post keep goin..^_^

  5. putri mengatakan:

    peran guru sebagai pengajar dan pendidik dalam pendewasaan gmn ?

    coba dunk deskripsikan , soalnya mau tak buat makalah besok

  6. abdullah mengatakan:

    makalah bapak sangat membantu para pendidik atau para pahlawan tanpa jasa, dan sayang sekali sumber atau daftar pustaka belum ditulis barangakali bapak lupa.

    hidup guru . hidup guru .hidup guru .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: