RPP, Program Semester & Tahunan

Sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap tahunnya.  Tapi, kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita jadi terlewat.  Apalagi, setiap awal tahun pelajaran banyak sekali kegiatan yang berlangsung dan mungkin sebagian diantaranya harus diikuti.  Jadi, wajar saja jika yang namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal (menyusul untuk dikerjakan).  Saya pernah menuliskan bahwa untuk membuat perangkat tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan.  Diantaranya, melihat, memodifikasi perangkat dari sekolah lain dan yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing.  Karena belum tentu, sekolah A (misalnya) mempunyai kemampuan dan kesanggupan yang sama dengan sekolah B.  Oleh karena itu, perlu jaringan kerjasama antara guru mata pelajaran, MGMP mata pelajaran di setiap kota dan kabupaten.

Melalui kesempatan ini, seandainya ada rekan yang membutuhkan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, dan tahunan, silahkan gunakan contoh di bawah ini.  semoga bermanfaat.

Prota Kelas 10

Prota kelas 11

Prota kelas 12

RPP kelas 10

RPP Kelas 11

RPP kelas 12 – 1

RPP kelas 12 – 2

About these ads

Perihal herman
born and grow up in makassar. then continue studied in IPB Bogor, graduated in 1997

52 Responses to RPP, Program Semester & Tahunan

  1. color mengatakan:

    rajin euy,……kmha kbr guru2 kosgoro…..

  2. ismail mengatakan:

    terima kasih atas sharing infonya.

  3. anggi mengatakan:

    tolong dong program semsetr n program tahunan biologi kelas XII

  4. Sri Handaya mengatakan:

    tolong dong program semester,KTSP,Silabus,RPP n program tahunan Bahasa Indonesia kelas X dan XI

    oke deh nanti di upload. tapi yang terpenting dalam KTSP adalah bagaimana menyusun KTSP dan program sesuai dengan kemampuan sekolah kita, namanya aja KTSP. tapi sebagai contoh mungkin bisa digunakan sebagai refernsi, semoga bermanfaat

  5. Nurul mengatakan:

    Makasih atas sharing rpp

  6. Abdullah Esyab mengatakan:

    Hade pa Guru……….., moga jadi amal sholeh. Terus semangat berkarya pa.

  7. irwan mengatakan:

    mohon program tahunan ntuk biologi aliyah kelas x dan program tahunan bahasa inggris alliyah kelas xi

  8. sofyan mengatakan:

    mohon maaf boleh minta rpp, program tahunan&semester al-quran hadist dan bahasa indonesia kls 3 & 4 MI donk..!!
    thx ya

  9. fajrimanis mengatakan:

    tolong dong… kirimi program tahunan & semester bahasa inggris SMA/MA kelas X, XI XII
    thanks……..

  10. martin skb mengatakan:

    bagi dong silabus bahasa inggris X,XI,XII dan RPP nya.. Progam Tahunan dan Program Semesternya. makasih

  11. Salim mengatakan:

    Thank you a lot untuk sharing ilmunya

  12. Nikolas mengatakan:

    pak, boleh minta share program tahunan dan semester mata pelajaran geografi kelas x?

  13. dita aprilia mengatakan:

    tolong donk silabus, rpp, prota n prosm mapel matematika.tq be4 ya………….

  14. TETI mengatakan:

    Ttlong saya minta program tahunan bahasa indonesia kls X

  15. agus handoko mengatakan:

    pak/bu tolong kirimkan Program tahunan dan semester kelas VII-IX SMp donk… pel bahasa Indonesia, PKN, Matematika, IPA, dan Inggris kalo bisa semua za!!!! he”……

  16. Oa tl0ng d0ng pr0gram smester dan pr0ta jg rincian minggu efektifnya yg klas 10 simester 2 ya.

  17. ririn widyanita mengatakan:

    tolong kirimi aku promes kelas 4 dan kelas 5

  18. ahmadkamil mengatakan:

    Tolong ya Program semester dan tahunan untuk matematika smu kelas XII

  19. dei mengatakan:

    mohon bantuannya …
    contoh RPP , progarm tahunan , dan program semesteran biologi
    smp dan sma .
    klas berapa aja
    trmakasih

  20. hendra mengatakan:

    tolong q minta promes kelas x

  21. copii mengatakan:

    makasi mas…

  22. Christian mengatakan:

    Pak kalo ada saya minta di tunjukkan program tahunan dan program semester smp kelas 7 dan 8

  23. rizki amalia lubis mengatakan:

    tolong dong bantu saya contoh RPP,Program tahunan,silabus,kelas 1,2 stm…
    makasih yachhh..
    tolong bantuan nya…

  24. sri indra mengatakan:

    Mas, mohon dikirimi GBPP dan program semester untuk mata kuliah bahasa indonesia kelas 7,8,9..
    terima kasih..

  25. SUGIHARTO mengatakan:

    TOLONG DONK KASIH PROTA B AHASA INDONESIA XII. THANKS

  26. dtoms mengatakan:

    mksh y tas bantuannya…..

  27. wongndeso mengatakan:

    bantu donk prota dan prosem bahasa arab untuk mts

  28. sucipto mengatakan:

    terima kasih gan…..ats info ny…..
    gw trtlong bgt….

  29. hikmat mengatakan:

    long dong prota dan proesm, kirimkan

  30. NYUT mengatakan:

    TOLONG KASIH TAU DUNG TENTANG PROMES DAN PROTA BIOLOGI SMA SEMESTER 2,PLIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  31. ABDUL mengatakan:

    manfaat sekali mas, mdah2an sing kuoso sing bales

  32. rahma mengatakan:

    terima kasih atas sharing ilmunya…moga bermanfaat…..

  33. anhy mengatakan:

    sya kesulitan membuat prosem n prota neh. mgkn gk sush sih,tp sy bingung krn kekurangan contoh

  34. anhy mengatakan:

    oh ya,,,sya jg bingung mgatur alokasi waktu untuk 5 jam pelajaran (2x/minggu. gmn ya itu mgturnya, krna conth yg sya liat, untuk jm pelajan genap.tp, klo gnjil,kyk 5 jm pljrn, gmn ya??tlong donk…………

  35. SYAMSUL MA'ARIF mengatakan:

    TOLONG BAGI2 dong prota, promes , silabus dan RPP bahasa indonesia XI nya jadi bukan itu2 ja…………

  36. adi krestyanto mengatakan:

    lain terbaru maNA?

  37. andi mengatakan:

    MAS, TOLONG KIRIM PROTA, SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA UNTUK SMA DONK. THANKS YA…

  38. veby mengatakan:

    tlong dunk prota promes fiqh kelas VIII

  39. san-san mengatakan:

    SYUKRON JIDDAN ya ,, Bro..!!! Very important..!! ^_^

  40. timbul hutagalung mengatakan:

    bos saya minta promes dan prota bahasa inggris kelas x semester 1dan 2 dong aku tunggu secepatnya

  41. rio mengatakan:

    tolong dong untuk smp kls 7 thank x ya……….

  42. kim mengatakan:

    Program semester & prog tahunan untuk SD punya ga>> ^_^

  43. pasto mengatakan:

    bagus blognya n bermanfaat sekali. oya khusus cewek yang coment: jujur aja. ga usah pake sharing sharing segala. ucapin aja makasih karena telah mendownload di blog ini.itu lebih berwibawa.

  44. Keke Rike Rahmalia mengatakan:

    permisi tolong kirimi Program semester pelajaran bahasa indonesia tingkat SMA. serta pengertian ruang lingkup dan komponen progran tahunan buuuuu pakkkkk. trimakasih sebelumnya :)

  45. desi arisanti mengatakan:

    minta tolong donk kirimin program semester, analisis standar isi, analisis kkm, dan rpp untuk bahasa inggris kelas X tahun pelajaran 2011/2012.trims sebelumnya.

  46. Sidiq Widiatmoko mengatakan:

    tlng progta & promes SMA Bahasa Inggris donk….

  47. suakcot mengatakan:

    lama amt contohnya
    mending isinya terus bahasa indonesia

  48. suakcot mengatakan:

    makasih ya
    winkom,blogspot.com

  49. suakcot mengatakan:

    pdf semua susah
    winkom

  50. pampoeks sanjaya mengatakan:

    tolonglah rpp biologi dan silabus terbaru

  51. m.suhari mengatakan:

    mas rpp tentng smk otomotive donk…kalau boleh

  52. Sii Isni mengatakan:

    Pada minta prota dan prosem smua nih y komentar, saya nyampe sini padahal mau nyari cara membuatnya karena pengen bisa merencanakan sendiri mumpung lagi PPL. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: