UltraDefrag

Defragmentasi hard disk adalah hal yang bagus. Jika semua bit dari sebuah file secara fisik terletak di bagian yang sama pada hard disk, ia bisa dibaca lebih cepat. Namun, jangan mengharapkan keajaiban dalam penghematan waktu. Head hanya butuh 10 milidetik untuk berpindah dari satu bagian ke bagian lain. Peningkatan waktunya memang tidak signifikan, tetapi hard disk Anda akan berusia lebih panjang.

Selain itu, tabel partisi (Master File Table, MFT) sistem NTFS yang digunakan Windows tidak lagi memerlukan banyak metadata. Metadata ini menggambarkan dalam berapa cluster dan cluster yang mana bagian-bagian suatu file tersimpan. Sedikitnya metadata ini juga mempercepat akses hard disk.

Defragmentasi juga berarti stres yang lebih tinggi untuk hard disk, sehingga tidak selalu bermanfaat. Peningkatan kinerja terutama terasa ketika meload file-file besar seperti video. Partisi yang hanya memiliki 5% kapasitas bebas juga perlu didefragmentasi. Jika tidak, proses penulisan akan semakin lambat dan suatu saat dapat merusak hardware.

Windows memang memiliki tool defragmentasi sendiri, tetapi tidak efektif. Tool Defrag milik Windows tidak dapat mengakses area tertentu seperti MFT. Padahal, untuk MFT saja Windows menyiapkan 12,5% dari partisi sistem. Dalam MFT ini tidak hanya terdapat alamat cluster dari file-file yang disimpan, tetapi juga filenya itu sendiri jika ukurannya di bawah 1,4 kbyte.

Aplikasi windows sebenarnya sudah menyertakan fasilitas ini dalam paket defaultnya. Namun, sebagai alternatif anda dapat mencoba aplikasi gratis yang bisa didownload pada link di bawah ini. UltraDefrag bersifat open source. Proses defrag yang dilakukannya jauh lebih cepat dibandingkan dengan windows. Pilih tampilan biasa atau mode command line. Penjadwalan waktu defrag-pun dapat dilakukan dengan mudah, sehingga anda tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Selamat mencoba.

Tips : Bila Anda ingin merapikan seluruh hard disk, dalam ‘Defrag’ pilih metoda ‘Complete’. Namun, untuk itu diperlukan waktu jauh lebih lama

ultradefrag

One Response to UltraDefrag

  1. anim hadi mengatakan:

    trim infonya pak, untuk menambah wawasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: