Tersenyumlah

Tertawa adalah obat mujarab untuk menghilangkan kegelisahan dan kesedihan.  ia mempunyai kekuatan yang menakjubkan untuk membuat jiwa gembira dan hati menjadi senang.  Sehingga Abu Darda berkata “saya akan tertawa sampai ia dapat membahagiakan hatiku”.  Manusia termulia, Rasulullah saw terkadang tertawa sampai kelihatan gigi gerahamnya.  Inilah tertawanya orang-orang berakal yang dapat menenangkan dan mengobati penyakit hati.

Tertawa itu sendiri merupakan mutiara kelapangan hati, puncak kegembiraan dan akhir dari kesenangan, tetapi tertawa itu bukanlah tertawa yang berlebihan.  Dalam sebuah hadits disebutkan, “janganlah banyak tertawa, sesungguhnya banyak tertawa itu akan mematikan hati”.  Tertawalah sekedarnya saja, yaitu dengan tersenyum.  Dalam sebuah hadits disebutkan “senyumanmu dihadapan saudaramu adalah sedekah”.  Firman Allah SWT, “maka dia tersenyum dengan tertawa karena mendengar perkataan semut itu (QS An Naml : 19).

Janganlah tertawa atau tersenyum dengan mimik wajah yang menyimpan ejekan dan merendahkan.  Salah satu nikmat ahli surga adalah tertawa.  “Maka pada hari itu, orang-orang yang beriman akan menertawakan orang-orang kafir (QS Al Muthaffifin : 34).

Maka siapa saja yang jarang tersenyum, setelah membaca tulisan ini akan mulai tersenyum.  Apalagi jika kita sebagai seorang pendidik, senyum dalam aktivitas belajar mengajar akan memberikan motivasi lebih bagi siswa dalam memperhatikan materi yang sedang disampaikan.  Dengan banyak senyum, kebahagiaan akan terpancar.  Tapi jangan senyum-senyum sendiri tanpa sebab….nanti bisa disebut  ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: