Bertemu untuk berpisah

Perpisahan siswa kelas 12 merupakan bagian integral dari kegiatan siswa kelas 10, 11, yang diakhiri dengan pelaksanaan acara penglepasan siswa yang menandakan bahwa siswa telah diantar pada jenjang paling akhir kegiatan pembelajaran selama tiga tahun berlangsung.

Acara penglepasan siswa kelas 12 SMA Kosgoro Kota Bogor dilaksanakan tanggal 4 Juni 2008, pukul 13.00 bertempat di Gedung Bale Binarum Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, kegiatan penglepasan siswa kelas 12 ini berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan, kegiatan ini mendapat dukungan dari semua pihak, baik moril maupun materil.

Tak ada gading yang tak retak, tak ada manusia yang sempurna, mohon maaf jika dalam proses dan selama pelaksanaan banyak pihak yang merasa terganggu dikarenakan persiapan-persiapan selama proses perpisahan berlangsung.

Penglepasan siswa kelas 12 SMA Kosgoro Kota Bogor merupakan bagian integral dari kegiatan proses belajar mengajar yang merupakan bagian akhir dari proses pembelajaran di sekolah, juga merupakan kegiatan rutin sekolah pada akhir tahun pelajaran yang kemudian akan diawali dengan penerimaan siswa baru.

Kegiatan perpisahan adalah sarana silaturahmi yang sangat tepat antara pihak sekolah dengan pihak orang tua wali murid dan sekaligus sebagai event untuk mengembalikan pendidikan siswa kepada orang tua masing-masing setelah melalui proses pembelajaran selama tiga tahun di SMA Kosgoro. Acara penglepasan siswa SMA Kosgoro tahun pelajaran 2007/2008 dilaksanakan tanggal 4 Juni 2008 di Bale Binarum dengan berbagai acara yang dirancang dan disesuaikan dengan waktu yang tersedia.

1. Acara Pembukaan
Acara penglepasan siswa kelas 12 akan dimulai pada pukul 14.00 – selesai dengan berbagai agenda yang akan disiapkan oleh panitia: diantaranya sambutan dari Kepala Sekolah SMA Kosgoro, Ketua Yayasan Dharma Setia Kosgoro, Walikota Bogor / Dinas Pendidikan Kota Bogor; Paduan suara SMA Kosgoro; upacara adat dan rampak gendang dalam rangkaian prosesi penglepasan siswa secara simbolis yang ditandai dengan pengalungan rangkaian bunga, serta ramah tamah.

Yang bertindak selaku pembawa acara adalah siswi Eva Nursyifa siswa kelas 11 IPA 5, acara perpisahan tersebut diawali dengan pembacaan kalam suci ilahi yang dib acakan oleh Nuraeni kelas 11 IPA 2, sementara lagu Indonesia dinyanyikan bersama-sama dan dipandu bersama Team Paduan Suara Gita Harmoni SMA Kosgoro yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hymne SMA Kosgoro yang merupakan buah karya Asep Moeljana, S.Pdi. dan dinyanyikan oleh Team paduan Gita harmoni, lagu tersebut dinyanyikan dengan penuh penghayatan, dan membuat para orang tua dan siswa serta para tamu undangan berdecak kagum dengan kekompakan dan kelembutan pembawaan lagu tersebut.

Sementara itu Drs.Tri Atmojo, M.Pd selaku ketua panitia dalam acara perpisahan tersebut menyampaikan ucapan selamat dan doa agar siswa SMA Kosgoro bisa lulus seluruhnya, dan dari harapan tersebut disambut baik oleh seluruh siswa dan orang tua, karena hal itulah yang merupakan dambaan semua siswa dan orang tua.

Dalam kesempatan tersebut pula dua orang siswi kelas 12 IPA 1 yakni Nurmelisa dan Nia Januarini menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak sekolah dan rasa bangganya bersekolah di SMA Kosgoro, penyampaian ucapan terima kasih tersebut disampaikan dalam Bahasa Inggris dan Jepang.

Sementara itu Kepala SMA Kosgoro, Dra. Hj. Tjachny Maryam menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh siswa dan orang tua dan mendoakannya agar mereka bisa lulus 100% pada ujian tahun pelajaran 2007/2008 yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, tak lain tak bukan untuk siswa kelas 12 hanya ada satu kata “LULUS”.

Perwakilan orang tua siswa kelas 12 yang diwakili oleh orang tua Fauzan Ahmad kelas 12 IPS yakni Bapak Ahmad Munandar, dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan ucapan terima kasih pada pihak sekolah bahwa selama tiga tahun putra-putrinya didik di SMA Kosgoro, dan beliaupun menyampaikan rasa bangganya terhadap proses pendidikan di SMA Kosgoro dan dalam kesempatan itu pula Ahmad Munandar mempromosikan SMA Kosgoro kepada seluruh hadirin, dia mengatakan “ apabila bapak dan ibu masih memiliki putra putrinya yang saat ini sudah duduk di kelas 9 SMP, maka jangan ragu-ragu untuk menyekolahkan ke SMA Kosgoro”, hal itu dikatakannya karena beliau sudah melihat secara langsung bagaimana bermutunya pendidikan intra maupun ekstrakurikulernya.

Sementara itu Ketu Yayasan Dharma Setia Kosgoro yang diwakili oleh Wakil Ketua, H. Iwan Ruswandi, SE. MM, beliau mengatakan bahwa permasalahan klasik yang dihadapi sekolah-sekolah swasta adalah mengenai keuangan, sebab keuangan untuk sekolah swasta berasal dari orang tua siswa, sementara bantuan dari pemerintah untuk sekolah swasta sangat terbatas.

Sambutan Walikota Bogor yang dibacakan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Dinas Pendidikan Kota Bogor juga menyinggung berkaitan dengan kelulusan siswa kelas 12, beliau berharap bahwa siswa SMA Kosgoro bisa lulus 100%, dan beliaupun menghimbau kiranya para siswa dapat melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi agar dapat bersaing dengan para sarjana lainnya.
Acara penglepasan siswa akan dihadiri oleh siswa dan orangtua/wali, staf guru dan karyawan, serta tamu undangan. Diharapkan semua siswa berkesempatan hadir dalam acara penglepasan siswa tersebut sehingga acara dapat berjalan dengan lancar. Semoga antusias siswa yang tinggi dalam mengikuti setiap acara yang akan disuguhkan dapat berjalan dengan lancar.

2. Acara Inti

Adapun acara inti dari penglepasan siswa kelas 12 adalah digelarnya Upacara Adat dan Rampak Gendang yang di tampilkan oleh siswa-siswi SMA Kosgoro yang merupakan hasil kerja bersama antara pelatih dan pembina serta anak-anak yang tergabung dalam Team Degungan Rampak Pajajaran SMA Kosgoro Kota Bogor yang berada di bawah asuhan Kang Andi dan Kang Wanda dan tentunya juga dukungan penuh dari pihak sekolah.

Upacara Adat Sunda dan pementasan Rampak Gendang dalam penglepasan siswa kelas 12 tersebut disambut baik oleh seluruh orang tua dengan sangat antusias untuk menyaksikannya, karena acara seperti ini sudah langka dan jarang ditampilkan oleh orang sunda sendiri, akankah budaya ini menjadi asing dirumah sendiri?. Tentunya hal ini tidak boleh terjadi khususnya untuk budaya sunda.

Dalam rangka membudayakan budaya sunda maka SMA Kosgoro selalu berusaha untuk melestarikannya, walaupun baru bisa dilaksanakan setahun sekali dalam pementasan upacara adat dan rampak gendang dan team degung Rampak Pajajaran SMA Kosgoro, namun untuk kedepannya SMA Kosgoro akan berusaha semaksimal mungkin untuk melestarikan budaya sunda melalui pembinaan seni dan budaya sunda.

3. Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari acara penglepasan siswa kelas 12 SMA Kosgoro Kota Bogor adalah :
1. Media silaturahmi dengan orang tua siswa
2. Melaksanakan program tahunan sekolah
3. Menyampaikan informasi tentang
keberhasilan atau kemajuan siswa selama
3 tahun dalam proses pendidikan
4. Mengembalikan siswa kelas III kepada
pihak orang tua setelah proses KBM 3
tahun telah dilalui
5. Menginformasikan kegiatan SMA Kosgoro selama 3 tahun terakhir dan kegiatan tahun berikutnya

Ada pertemuan pasti ada perpisahan, tak selamanya kita bertemu dan tak selamanya pula kita berpisah, perpisahan raga boleh terjadi tapi perpisahan jiwa, jangan sampai terjadi, siswa kelas 12 telah menyelesaikan studinya di SMA Kosgoro, namun kami yakin jiwa mereka tidak akan pernah melupakan almamaternya yang menggojlok selama tiga tahun dengan berbagai pendidikan kedisipilinan dan keterampilan, selamat jalan anak-anaku, kami hanya bisa mendo’akan agar kelak kalian jadi orang yang berguna dan sukses dalam hidup dan kehidupan.

Paduan suara \

Paduan Suara SMA Kosgoro Bogor

Prosesi upacara adat

prosesi upacara adat lanjutannye

Rampak gendang oleh Nina, Putri, Icha & Dhara

Penyerahan sertifikat siswa berprestasi

Lusi (12 A 1), Kepsek, H. Iwan &  Deden (12 S 2)

Dra. Hj. Tjachny Maryam (Kepsek) & Ibu Heidi S (Yayasan)

Yuli, Nita & Ririn

Ibu guru-ku tercinta, terima kasih ku ucapkan

Lidya, Aryadika, Yayu, Herli & OSIS

Tim degung smakos (Nina, Ika, Ufi, Irna, QQ, Azis)

Bpk Asep Mulyana (Pembina Padus) & siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: