Pemantapan KTSP & Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis TIK

Alhamdulillah kata yang pantas diucapkan karena kegiatan pelatihan Pemantapan KTSP & Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis TIK (27 – 28 Juni 2008) bisa terlaksana dan berjalan dengan lancar sesuai harapan. Walaupun pelatihan kali ini terbagi atas dua bagian, akan tetapi tetap merupakan satu rangkaian yang saling terkait. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Rahmat, M.Pd. Pembina SMA Kosgoro & Pengawas Kota Bogor sekaligus sebagai konsultan di Direktorat Pembinaan SMA. Materi juga disampaikan oleh Ibu Dra. Riana Yani, Pengawas Kota Bogor yaitu Teknik Penyusunan RPP. Selain menyampaikan materi, peserta juga dibimbing langsung bagaimana membuat RPP yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah. Tujuan kegiatan pemantapan KTSP adalah setiap guru diharapkan mampu merancang dan membuat RPP sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh. Sehingga setelah pelatihan, para guru sudah mempunyai RPP khususnya kelas 12. Selain RPP kelas 12, revisi juga dilakukan terhadap RPP kelas 10 dan 11 yang masih terkesan adopsi dari sekolah lain. Selain pengawas, sepuluh orang guru SMA Kosgoro yang telah mengikuti Bintek KTSP selama 4 hari (26 – 29 Mei 2008) turut membantu rekan-rekan guru yang lain.
Setelah pelatihan KTSP, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan bahan ajar berbasis TIK yang dilaksanakan di Lab. Komputer SMA Kosgoro. Materi pelatihan bahan ajar adalah pembuatan bahan ajar menggunakan Microsoft Powerpoint dan Web Page Maker. Pelaksanakan kegiatan dibagi 2 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 23 orang guru. Hal ini dilakukan karena jumlah komputer yang terbatas (hanya 40 unit) dan memudahkan dalam penyampaian materi serta bimbingan langsung dari instruktur. Materi powerpoint disampaikan secara bergantian oleh Bapak Dedi Suryadi & Didik Sulaksono yang menekankan langsung bagaimana membuat bahan ajar berbasis TIK. Kemampuan peserta yang bervariasi dalam mengoperasikan komputer cukup membuat kerepotan instruktur menyampaikan langkah-langkah pembuatan bahan ajar. Materi kedua dalam pelatihan pembuatan bahan ajar adalah Web Page Maker yang disampaikan oleh Bapak Herman Lasrin. Sama dengan kegiatan pertama dimana peserta juga dilatih bagaimana membuat bahan ajar tetapi berbasis web. Walaupun berbasis web peserta sangat antusias karena mungkin merupakan aplikasi baru bagi para guru dan proses pembuatannya pun sederhana.
Waktu kegiatan pelatihan yang terbatas membuat peserta agak kesulitan dalam mengaplikasikan apa yang sudah diperoleh walaupun peserta sudah dibekali dengan panduan dan software. Keinginan yang besar dari peserta untuk membuat bahan ajar berbasis web disikapi sekolah dengan memberikan waktu tambahan bagi para guru. Bagi yang masih ingin berlatih, diberikan kesempatan selama beberapa hari dan tetap dibimbing oleh instruktur. Selamat membuat bahan ajar bapak/ibu guru. Semoga keinginan untuk memberikan perubahan dalam menyampaikan materi di kelas bisa terealisasi dan tidak lagi terkungkung oleh paradigma lama dengan metode yang itu-itu saja. Sekali lagi selamat bekerja. Let’s be a professional teacher

6 Responses to Pemantapan KTSP & Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis TIK

  1. tatapakan mengatakan:

    Seru juga yaa acara ini….. apalagi pas sesi pembuatan bahan ajar berbasis TIK, Power Point dan Web, waahhhh guru juga seprti murid. Ada yang cerewet nya minta ampuun, tapi ada juga yang diam termangu karena baru berkenalan dengan dua mahluk tadi. Tapi walau bagaimanapun pasti ada manfaatnya untuk guru-guru yang rata-rata kelihatan sangat bersemangat. Ke depan jangan heran yaa kalau lab komputer akan lebih banyak pengunjung dan guru TIK akan disibukkan melayani kedatangan mahluk hiperaktif karena mahluk ini berstatus guru ha…ha…ha… Tapi kenapa ya pa untuk saya yang terbiasa dengan MP dan sedang merancang WP materi web kemarin agak memusingkan, telat teruuusss mengikuti stepnya? (padahal karena motret ke sana sini tuuu) lebih susah yaa?? Kemarin watunya kurang banyak untuk bertanya lebih jauh Pa! mangga ahhh hatur nuhuuunnn.

    terima kasih sudah berkunjung. Untuk memantapkan pelatihan kemarin, selama liburan saya meluangkan waktu selebar-lebarnya kepada rekan-rekan untuk berlatih. Sehingga harapan dan keinginan untuk membuat bahan ajar berbasis web bisa terealisasi, selamat berjuang bu (membuat RPP dan Bahan ajar, jangan kapok yah)

  2. rudyhilkya mengatakan:

    mantap beritanya
    dedikasi tiada henti
    ayo terus berkarya demi anak bangsa

    salam merdeka

    senang berkenalan dengan anda

  3. ent mengatakan:

    saa sudah baca blok ini dan sangat menarik. persolannya saya masi awam untuk TIK. ehm…boleh minta dikirim contoh bahan ajar berbasis TIK ngak? kalo boleh mohon dikirim ke alamat email saya ; entolia@yahoo. trims.

  4. agusampurno mengatakan:

    Maju terus untuk semuanya.
    BTW,kalau saya boleh usul, pelatihan TIK diupayakan agar diberikan waktu lebih banyak bagi peserta untuk praktek dan bereksplorasi.

  5. arta mengatakan:

    ass.tolong kirimkan bahan ajar tik kelas 10 smester 1 dan 2 ke arta_coz@yahoo.co.id.trimakasih
    Mungkin belum bisa semua, tapi untuk yang sudah di upload silahkan download dan kembangkan lagi. Ada di Kategori Bahan Ajar

  6. Laptop and Notebook mengatakan:

    perkembangan teknologi sudah sedemikian pesatnya.. jadi wajar jika pengajaran berbasis TIK sudah digencarkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: