Virus JPEG

Beginilah tampilan gambar yang terinfeksi virus JPEG.  ekstensi file gambar akan ditambahkan exe di belakangnya. Software antivirus pun agak kewalahan melacak virus yang masuk melalui file JPEG. Software antivirus akan susah menemukan virus pada file JPEG karena secar default mereka hanya mencari file .exe.

Antivirus normal, secara default tidak akan mendeteksi JPEG. Anda bisa mengeset antivirus scanner untuk mencari JPEG, tapi repotnya anda bisa merubah ekstensi file pada JPEG ke banyak jenis lain.

saya kebagian virus ini oleh teman yang suka berbagi plus, eh ternyata benar berbagi virus.  Kesel juga, karena semua file gambar JPEG tidak bisa dibuka.  Di rumah saya iseng nyoba, dan ternyata bisa dihilangkan menggunakan AVG dengan update terbaru (biasa kalo gratisan, harus rajin ngapdet).  Dan saya juga, nggak nyangka karena di LabSkul saya sudah berusaha membasminya (kejam juga).  Ternyata, sistem operasi juga berpengaruh terhadap virus ini, di rumah saya pake XP SP2, dan memang virusnya hilang.  File gambar hanya dihidden.  Keesokan harinya, karena merasa yakin sudah aman, ternyata di lab terjangkit lagi karena OS-nya XP SP1, ya jadi deh repot lagi.  Untuk rekan-rekan yang lain, sabar aja kalo kena virus ini.

Setelah sekian lama mencari-cari informasi mengenai virus yang satu ini, akhirnya lega juga karena ternyata virus ini lebih dikenal dengan virus amburadul.  virus ini yang sekian lama meng-infek laptop dan pc saya.  tapi akhirnya, virus ini takluk juga setelah dibersihkan dengan currentprocess kemudian menghapus sistem file yang terdapat di system32 (a^m^b^u^r^a^d^u^l).  Alhamdulillah.

10 Responses to Virus JPEG

  1. Suryo mengatakan:

    betul tuh pak, komputer di skul saya kena smuwa, cepet nyebarnya.makasih atas sharingnya…

  2. ricko mengatakan:

    YA biasanya pakai avg bisa teratasi

    tapi kalau avg nya belum terinstall ,,,,,avgnya malah korup dan nggak bisa diinstall…..

    antivirus lain yang pasti bisa ndetect…yaitu avast…..

    scan aja ….2 atau 3 kali pasti bisa bersih…..

    virus ini menyebab kan drive terbuka dengan windows picture and viewer…..bila di click 2x……dan sistem hide extension jadi gak normal …..

  3. Saph mengatakan:

    kenapa harus ada virus kayak gitu…………….
    mau tanya…apa file gambar yang ter-hidden itu bisa balik lagi….klo ga bisa percuma ja………..tolong kasih taw iah…thanks…..

  4. chucky mengatakan:

    pc saya kena tuh virus, dan sialnya blum terinstal antivirus apapun, saya coba instal avg dan avira, memang bnar tidak bisa terinstal. saya coba instal Total comander juga tdk bisa, tp ktka saya instal winrar, bisa. kira2 apa yg hrus saya lakukan sekarang, tanpa harus instal OS ulang?
    untuk lebih jelasnya silahkan baca di link di bawah ini

  5. agul mengatakan:

    klo ga bisa ke buka jg?
    kya kasus di laptop gw..
    dah pake anti virus AVG, McAfee, PCmav
    ga bisa jg..
    malah makin banyak foto gw yg ga kebuka..
    knp tuch?
    please.. tolonglah daku….

  6. hamidz mengatakan:

    Bagi temen-temen yang belum menemukan solusi buat membasmi Virus JPEG bisa anda kunjungi :
    http://hamidz-coretanku.blogspot.com/2008/11/hati-hati-dengan-virus-bertopeng-jpeg.html
    semoga bermanfaat infonya.

  7. tie mengatakan:

    minta antivirusnya dunk, komputer dan laptop juga kena virus ini, gambar-gambar ga bisa di buka…gawat..

    trims ya

    biasanya gambar2 kalo gak bisa dibuka, hanya disembunyikan oleh virus dan tidak hilang sama sekali. banyak antivirus yg bisa digunakan…silahkan download antivirus yg sesuai dengan pilihan dan tentunya gratis, search aja di google

  8. jos mengatakan:

    virus itu cara penyebarannya gimana pak??

  9. cokro mengatakan:

    waduh jd pingin nernak virus ne hehehe…

  10. Iwan kurniawan mengatakan:

    jpeg saya hilang stelah saya backup ke flasdis,,dan saya mw balikin lagi ke kompter tapi malah gada/ga ke baca tapi propertisnya benar dalam folder itu ada memori fotonya dan jumlahnya benar,,

    gimana cara balikinnya ya,,

Tinggalkan Balasan

