RPP, Program Semester & Tahunan

Sudah menjadi tugas setiap guru untuk selalu mempersiapkan perangkat pembelajaran setiap tahunnya.  Tapi, kadang-kadang karena kesibukan hal yang seharusnya menjadi prioritas kita jadi terlewat.  Apalagi, setiap awal tahun pelajaran banyak sekali kegiatan yang berlangsung dan mungkin sebagian diantaranya harus diikuti.  Jadi, wajar saja jika yang namanya rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, program tahunan biasanya juga akan tertinggal (menyusul untuk dikerjakan).  Saya pernah menuliskan bahwa untuk membuat perangkat tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan.  Diantaranya, melihat, memodifikasi perangkat dari sekolah lain dan yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kemampuan sekolah masing-masing.  Karena belum tentu, sekolah A (misalnya) mempunyai kemampuan dan kesanggupan yang sama dengan sekolah B.  Oleh karena itu, perlu jaringan kerjasama antara guru mata pelajaran, MGMP mata pelajaran di setiap kota dan kabupaten.

Melalui kesempatan ini, seandainya ada rekan yang membutuhkan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran, program semester, dan tahunan, silahkan gunakan contoh di bawah ini.  semoga bermanfaat.

Prota Kelas 10

Prota kelas 11

Prota kelas 12

RPP kelas 10

RPP Kelas 11

RPP kelas 12 – 1

RPP kelas 12 – 2

Iklan

52 Responses to RPP, Program Semester & Tahunan

  1. color says:

    rajin euy,……kmha kbr guru2 kosgoro…..

  2. ismail says:

    terima kasih atas sharing infonya.

  3. anggi says:

    tolong dong program semsetr n program tahunan biologi kelas XII

  4. Sri Handaya says:

    tolong dong program semester,KTSP,Silabus,RPP n program tahunan Bahasa Indonesia kelas X dan XI

    oke deh nanti di upload. tapi yang terpenting dalam KTSP adalah bagaimana menyusun KTSP dan program sesuai dengan kemampuan sekolah kita, namanya aja KTSP. tapi sebagai contoh mungkin bisa digunakan sebagai refernsi, semoga bermanfaat

  5. Nurul says:

    Makasih atas sharing rpp

  6. Abdullah Esyab says:

    Hade pa Guru……….., moga jadi amal sholeh. Terus semangat berkarya pa.

  7. irwan says:

    mohon program tahunan ntuk biologi aliyah kelas x dan program tahunan bahasa inggris alliyah kelas xi

  8. sofyan says:

    mohon maaf boleh minta rpp, program tahunan&semester al-quran hadist dan bahasa indonesia kls 3 & 4 MI donk..!!
    thx ya

  9. fajrimanis says:

    tolong dong… kirimi program tahunan & semester bahasa inggris SMA/MA kelas X, XI XII
    thanks……..

  10. martin skb says:

    bagi dong silabus bahasa inggris X,XI,XII dan RPP nya.. Progam Tahunan dan Program Semesternya. makasih

  11. Salim says:

    Thank you a lot untuk sharing ilmunya

  12. Nikolas says:

    pak, boleh minta share program tahunan dan semester mata pelajaran geografi kelas x?

  13. dita aprilia says:

    tolong donk silabus, rpp, prota n prosm mapel matematika.tq be4 ya………….

  14. TETI says:

    Ttlong saya minta program tahunan bahasa indonesia kls X

  15. agus handoko says:

    pak/bu tolong kirimkan Program tahunan dan semester kelas VII-IX SMp donk… pel bahasa Indonesia, PKN, Matematika, IPA, dan Inggris kalo bisa semua za!!!! he”……

  16. Oa tl0ng d0ng pr0gram smester dan pr0ta jg rincian minggu efektifnya yg klas 10 simester 2 ya.

  17. ririn widyanita says:

    tolong kirimi aku promes kelas 4 dan kelas 5

  18. ahmadkamil says:

    Tolong ya Program semester dan tahunan untuk matematika smu kelas XII

  19. dei says:

    mohon bantuannya …
    contoh RPP , progarm tahunan , dan program semesteran biologi
    smp dan sma .
    klas berapa aja
    trmakasih

  20. hendra says:

    tolong q minta promes kelas x

  21. copii says:

    makasi mas…

  22. Christian says:

    Pak kalo ada saya minta di tunjukkan program tahunan dan program semester smp kelas 7 dan 8

  23. tolong dong bantu saya contoh RPP,Program tahunan,silabus,kelas 1,2 stm…
    makasih yachhh..
    tolong bantuan nya…

  24. sri indra says:

    Mas, mohon dikirimi GBPP dan program semester untuk mata kuliah bahasa indonesia kelas 7,8,9..
    terima kasih..

  25. SUGIHARTO says:

    TOLONG DONK KASIH PROTA B AHASA INDONESIA XII. THANKS

  26. dtoms says:

    mksh y tas bantuannya…..

  27. wongndeso says:

    bantu donk prota dan prosem bahasa arab untuk mts

  28. sucipto says:

    terima kasih gan…..ats info ny…..
    gw trtlong bgt….

  29. hikmat says:

    long dong prota dan proesm, kirimkan

  30. NYUT says:

    TOLONG KASIH TAU DUNG TENTANG PROMES DAN PROTA BIOLOGI SMA SEMESTER 2,PLIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  31. ABDUL says:

    manfaat sekali mas, mdah2an sing kuoso sing bales

  32. rahma says:

    terima kasih atas sharing ilmunya…moga bermanfaat…..

  33. anhy says:

    sya kesulitan membuat prosem n prota neh. mgkn gk sush sih,tp sy bingung krn kekurangan contoh

  34. anhy says:

    oh ya,,,sya jg bingung mgatur alokasi waktu untuk 5 jam pelajaran (2x/minggu. gmn ya itu mgturnya, krna conth yg sya liat, untuk jm pelajan genap.tp, klo gnjil,kyk 5 jm pljrn, gmn ya??tlong donk…………

  35. SYAMSUL MA'ARIF says:

    TOLONG BAGI2 dong prota, promes , silabus dan RPP bahasa indonesia XI nya jadi bukan itu2 ja…………

  36. adi krestyanto says:

    lain terbaru maNA?

  37. andi says:

    MAS, TOLONG KIRIM PROTA, SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA UNTUK SMA DONK. THANKS YA…

  38. veby says:

    tlong dunk prota promes fiqh kelas VIII

  39. san-san says:

    SYUKRON JIDDAN ya ,, Bro..!!! Very important..!! ^_^

  40. timbul hutagalung says:

    bos saya minta promes dan prota bahasa inggris kelas x semester 1dan 2 dong aku tunggu secepatnya

  41. rio says:

    tolong dong untuk smp kls 7 thank x ya……….

  42. kim says:

    Program semester & prog tahunan untuk SD punya ga>> ^_^

  43. pasto says:

    bagus blognya n bermanfaat sekali. oya khusus cewek yang coment: jujur aja. ga usah pake sharing sharing segala. ucapin aja makasih karena telah mendownload di blog ini.itu lebih berwibawa.

  44. permisi tolong kirimi Program semester pelajaran bahasa indonesia tingkat SMA. serta pengertian ruang lingkup dan komponen progran tahunan buuuuu pakkkkk. trimakasih sebelumnya 🙂

  45. desi arisanti says:

    minta tolong donk kirimin program semester, analisis standar isi, analisis kkm, dan rpp untuk bahasa inggris kelas X tahun pelajaran 2011/2012.trims sebelumnya.

  46. tlng progta & promes SMA Bahasa Inggris donk….

  47. suakcot says:

    lama amt contohnya
    mending isinya terus bahasa indonesia

  48. suakcot says:

    makasih ya
    winkom,blogspot.com

  49. suakcot says:

    pdf semua susah
    winkom

  50. pampoeks sanjaya says:

    tolonglah rpp biologi dan silabus terbaru

  51. m.suhari says:

    mas rpp tentng smk otomotive donk…kalau boleh

  52. Sii Isni says:

    Pada minta prota dan prosem smua nih y komentar, saya nyampe sini padahal mau nyari cara membuatnya karena pengen bisa merencanakan sendiri mumpung lagi PPL. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: