Menumbuhkan semangat belajar

Belajar adalah suatu proses yang dilakukan oleh manusia secara berkesinambungan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Akan tetapi, suatu proses belajar yang tidak benar justru akan membuat kita merasa malas dan jenuh. Terlebih lagi pembelajaran terhadap anak, diperlukan metode atau cara belajar yang merangsang anak untuk termotivasi belajar lebih giat.  oleh karena itu, diperlukan metode atau cara tepat sehingga proses belajar berlangsung menarik dan menyenangkan.

Melatih kebiasaan belajar membutuhkan suasana yang menyenangkan. Dalam pengertian yang paling sederhana, kita akan melihat bahwa anak-anak tidak akan senang berada dalam tekanan, dipaksa, dibentak, apalagi diancam dengan hukuman supaya mau belajar. berusaha memahami keinginan anak dengan tetap mengarahkan untuk tetap belajar merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan.  Karena semakin dipaksa untuk belajar maka akan menimbulkan ekses yang tidak baik. Apabila sudah sampai pada taraf ini maka belajar, waktu belajar dan waktu untuk mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah akan menjadi saat-saat yang menyebalkan bagi anak.

Sikap positif orang tua berpengaruh besar bagi kelancaran belajar anak. Namun kelancaran belajar itu pasti tidak akan tercapai kalau suasana belajar tidak mendukung. Karena itu orang tua sebaiknya menyediakan tempat khusus untuk anak belajar.

Selain memberikan ruang khusus untuk privasi belajar anak, orangtua haruslah memonitor belajar anak, karena anak sekarang semakin pintar dalam hal mencari-cari alasan.  Banyak anak yang rajin memegang buku tapi hanya sekedar dipegang, dan parahnya lagi beberapa orangtua menganggap bahwa si anak sudah belajar.  Jadi memang diperlukan peran serta orang tua dalam membimbing anak-anaknya dalam belajar.  karena waktu belajar yang ada di sekolah sangat terbatas.

Peran guru dalam memberikan pengajaran dan bimbingan di sekolah serta perang orangtua dalam mengawasi proses belajar anak dapat disinergikan sehingga target belajar dapat tercapai.  Selain itu, faktor lingkungan juga memberikan kontribusi yang besar terhadap motivasi dan semangat belajar anak.

6 Responses to Menumbuhkan semangat belajar

  1. aldohas mengatakan:

    Teladan dari orang tua sangat penting sekali.
    Coba kalau kedua orangtua selalu berkutat dengan buku setiap hari dirumah, bukannya malah nonton TV
    InsyaAllah anak juga bakal dekat dengan kegiatan belajar

  2. yani imoets mengatakan:

    AK ORG YANG PALING MALES WAT BELAJAR….lo ge niat rasanya males bngeeet eh giliran dah bca jd ktrusan n tmbh aneh nya ge…ditengah2 smangat aku blajar pasti ngantu dech…..yar ga gampang melex meyem pas blajar aku arus gapain yach….yg pnya saran tlgan aku yachhh….aku tunggu
    biasanya kita akan baca kalo ada sesuatu yang menarik bagi kita, atau keadaan mendesak sehingga mengharuskan untuk membaca. tapi sebaiknya jangan sampai kondisi seperti ini harus muncul baru kita mulai baca. tanamkan bahwa dengan baca akan menambah khasanah keilmuan kita. dan untuk merubah kebiasaan emang sangat sulit. oki, mulai dengan sedikit baca tapi sering dilakukan, insya Allah akan jadi mudah nantinya. biar nggak ngantuk pas lagi baca, jangan dekat yang namanya kasur atau bantal apalagi kalo sampai nempel. pelor yang ada.kalo harus baca mungkin kopi jadi teman baik penghilang kantuk, walaupun bukan solusi yang baik. saya sendiri tidak mengkonsumsi kopi tapi karena pembiasaan jadinya enjoy aja. semoga sharing ini bermanfaat.

  3. kenta mengatakan:

    kk saya mau tanya , saya adalah orang yg tipe belajarnya kadang suka kadang nggk . kadang jika saya menemui kendala/masalh saya jadi mudah drop semangat belajarnya ….
    pertanyaan saya. bagaimana agar kita jika menemui suatu maslah dalam belajar kita bisa hadapi dan tetap semangat dalam menuntut ilmu? padahal…saya sudah bimbel tpi terkadang saya kurang pede dalam menyelesaikan sesuatu soal or takut jawabn saya salah…saya tunggu jwabannya lwt e-mail

  4. Bayu sukma mengatakan:

    Asslamualaikum,,
    kk,, gne , saya share ma Kk,,
    Kadang , psty saya ad niat utk bljar,,,

    tpy, lama^^,,, saya jadi gk mau bljar gtu,,,

    hilag gtu niat bljar saya,,,

    kk,, tolong beri solusinya la kk,,

    krn saya gk mau bkin kcewa kluarga saya…. please Kk…

    Kirim saran na ke goddunks@yahoo.com….

    Yha Kk,,,
    Thanks,

    Assalamualaikum…

  5. kharis_poenya mengatakan:

    gmana solusi nya nih kak
    q kalo lagi buka buku pelajaran pasti ngantuk…..
    dan pasti ketiduran….pdahal q pengen belajar….gimana nih kak…?
    tlong saran nya ke kharismarachim@yahoo.co.id
    makasih kak…

  6. Ngurah Gede Ari.W mengatakan:

    Maaf saya ingin bertanya adakah cara menumbuhkan rasa semangat belajar dengan keadaan yg tidak sesuai di atas? adakah cara lain ?
    kirin saran ke salomokeren123@yahoo.co.id terima kasih

Tinggalkan Balasan

