Gaji guru non-PNS : wacana atau …

gaji-guruPada 2009, guru non-Pegawai Sipil (PNS) di seluruh Indonesia akan mendapatkan tunjangan tambahan sebesar Rp 1,2 juta per bulan, syaratnya, sang guru harus mengajar lebih dari 24 jam setiap minggu. Dengan demikian, setiap guru non PNS di lingkungan Depdiknas dan Departemen Agama akan menerima pendapatan Rp 2,7 juta per bulan.

Dana untuk tunjangan Rp 1,2 juta itu dari DAK (dana alokasi khusus). Sebelumnya yang sudah masuk DAU (dana alokasi umum) sebesar Rp 1,5 juta, kata Deputi Menneg PPN/Bappenas Bidang SDM dan Kebudayaan Nina Sardjunan di Kantor Bappenas, Jakarta, Jumat (13/6).

Nina menjelaskan, Rencana Kerja Pemerintah tahun 2009 akan diprioritaskan untuk program pendidikan. Prioritasnya berupa program, seperti Wajib Belajar Sembilan Tahun, Bantuan Operasional Sekolah, dan Program Sertifikasi Guru.

Yang pasti BOS sampai SMP dan madrasah. Tahun 2009 alokasi BOS Rp 12 trilun. Sertifikasi guru yang sudah diberlakuakn mulai 2007, akan dilaksanakan semester ke-2 tahun 2008, kata Nina.

Mengenai besaran alokasi dana pemerintah untuk bidang pendidikan tahun 2009, sedang dihitung bersama Departemen Keuangan. Namun, komponen program tunjangan yang harus alokasikan dananya antara lain untuk tujungan fungsional, BOS, tunjangan profesi, tunjangan untuk guru yang mengajar di daerah terpencil dan tunjangan rehabilitasi gedung sekolah.

Pada 2008, alokasi pemerintah untuk bidang pendidikan sebesar Rp 48 trilun atau 11,8 persen dari APBN. Itu tentu saja masih jauh dari yang diamanatikan konsitusi kita, alokasi untuk pendidikan minimal 20 persen APBN.

http://www.indonesiaontime.com

One Response to Gaji guru non-PNS : wacana atau …

  1. MASEDLOLUR mengatakan:

    bagi guru-guru teman saya yang non PNS di sekolah swasta dan sudah lulus sertifikasi alias punya sertifikat pendidik dan NUPTK sejak 2007,
    pokoknya lengkap dah, SUDAH DIURUSI KE pmptk DEPDIKNAS pula
    kepada mereka juga dijanjikan mendapat tunjangan profesi pendidik min. 1,5 juta per Juli 2008
    SAMPAI DETIK INI NGGAK ADA BUKTI
    kesimpulan saya
    apa yang dikatakan Nina atau siapapun dia
    cuma bakal manis di bibir SUNGGUH!
    ya nasib ya nasib jadi begini…mungkin perlu regulasi dari pemerintah mengenai standar gaji guru swasta, setuju tidak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: